Cara Mendapatkan Informasi Untuk Analisa Kredit Yang Baik

Penentuan layak tidaknya suatu permohonan kredit, ditentukan oleh kualitas analisa kredit yang baik. Analisa kredit yang lebih informatif dan spesifik akan menghasilkan kualitas kredit yang baik pula. Untuk menghasilkan analisa yang berkualitas tentunya ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan oleh seorang account officer ataupun analis. Semuanya bergantung pada seberapa banyak informasi yang dapat diperoleh terhadap calon debitur. Dalam mandapatkan data tersebut, maka berikut cara yang dapat ditempuh:

1. WAWANCARA LANGSUNG KEPADA CALON DEBITUR

Saat melakukan wawancara dengan debitur sebaiknya berhati-hati, khususnya yang menyangkut diri debitur. Karena informasi terkait debitur sifatnya sangat sensitif, sehingga dalam wawancara harus menggunakan tutur kata yang ekstra hat-hari.

2. WAWANCARA KEPADA PIHAK KELUARGA CALON DEBITUR

Selain ke debitur langsung, pengumpula informasi juga dilakukan dengan melakukan wawancara dengan keluarga terdekatnya seperti misalnya istri, anaknya, mertua, kakak kandung dan lain sebagainya.

3. WAWANCARA KEPADA TEMAN CALON DEBITUR

Informasi lain dapat diperoleh dari teman calon debitur. Usahakan juga cari teman yang sudah tidak cocok antara keduanya. Hal ini agar lebih selektif dalam informasi, bukan hanya informasi yang mendukung namun juga informasi yang negatif.

4. WAWANCARA KEPADA TETANGGA CALON DEBITUR

Adanya kalanya calon debitur bersitegang dengan tentangga yang bersangkutan. Oleh karenanya sangat baik mencari informasi lain dari kehidupan lingkungan sekitarnya.

5. WAWANCARA KEPADA REKAN BISNIS CALON DEDEBITUR

Wawancara dengan rekan bisnis adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas usaha yang bersangkutan, bagaimana pembayarannya jika dia mengambil barang secara kredit kepada mereka dan lain sebagainya

Copyright © 2013. Cara Terbaik dan Terjitu - Proudly powered by Blogger