Cara Membuat Kualitas Kredit Tetap Sehat atau Lancar

Kredit macet adalah masalah besar bagi setiap perbankan. Hal ini disebabkan karena sumber pendapatan secara mayoritas berasal dari penyaluran kredit kepada debitur. Menjaga kualitas kredit membutuhkan pemahaman yang lebih dan pelaksanaan yang dilakukan secara berkesinambungan. Selain itu tentunya kualitas SDM yang mempuni. Namun pernahkan anda melakukan hal-hal berikut ini:

1. Gift Card
Pemberian kartu baik dalam bentuk ucapan terima kasih, ucapan ulang tahun dan semacamnya. Satu hal ini secara psikologis akan membuat debitur merasa lebih diperhatikan oleh Bank. Lama kelamaan dengan pemberian kartu semacam itu akan membuat rasa memiliki kepada bank bersangkutan. Dan bukan tak mungkin bukan hanya kredit, bahkan akan menjadi penabung besar nantinya.

2. Reward
Pemberian reward kepada debitur kredit dapat berupa diskon satu kali angsuran bunga, atau dana tunai dengan nominal tertentu dengan kriteria tertentu. Misalkan si debitur selalu membayar sebelum jatuh tempo dan tidak pernah menunggak. Pemberian reward semacam ini dapat disesuaikan apakah setiap tahun, 6 bulan atau tergantung dari Anda sendiri. Jika berhasil diterapkan, maka ini akan menjadi perangsang bagi debitur agar tidak menunggak dan reward tersebut menjadi stimulus untuk selalu membayar maksimal pada saat jatuh tempo.

3. Coffee
Ajaklah sekali-kali debitur kamu jalan-jalan, misalnya ke warkop. Komunikasi yang baik dengan debitur akan memberikan rasa nyaman dan menumbuhkan rasa percaya kepada anda sebagai penanggungjawabnya.

Ketiga hal tersebut, adalah hal menarik yang tanpa kita sadari barangkali sudah kita terapkan dan jalankan. Selain dari penagihan baik melalui surat ataupun kunjungan langsung termasuk pemantauan, ketiga hal tersebut akan sangat mendukung pelaksanaan tugas bagi seorang penagih.

Copyright © 2013. Cara Terbaik dan Terjitu - Proudly powered by Blogger