Cara Mempercepat Loading Sebuah Blog

Berapa cepat web atau blog kamu agar bisa tampil secara penuh? Apakah loadingnya cepat atau lambat? Masalah sebuah blog adalah lambatnya dalam melakukan loading data. Hal ini tentunya akan berdampak pada berkurangnya jumlah pengunjung anda. Bagaimana tidak sudah menunggu beberapa menit halaman belum terbuka full. Nah, bagaimana cara mengatasi hal tersebut, berikut tips dan trik yang dapat anda terapkan:

1. Gunakan Template atau Thema Blog Yang Ringan
Template atau thema yang ringan adalah dambaan setiap blogger. Template yang ringan memungkinkan pemuatan data yang cepat sehingga lebih SEO. Untuk mendapatkan template yang ringan ada banyak situs atau blog yang menyediakan hal tersebut. Sebut saja salah duanya template dari kompi ajaib atau kang ismet. Disana ada beberapa template yang telah dimodifikasi sehingga betul-betul sangat mendukung SEO.

2. Perkecil Ukuran Gambar Yang Diupload
Untuk mengkompres gambar, ada banyak tool yang tersedia secara online. Namun anda dapat juga menggunakan aplikasi bawaan windows dengan melakukan cropping gambar untuk mendapatkan ukuran gambar yang sesuai. Ukuran gambar yang paling tepat adalah 100 - 200 kb.

3. Jangan Mementingkan Tampilan
Tampilan yang menarik memang diperlukan untuk sebuah blog. Namun apa jadinya ketika tampilan sudah cantik namun lambat dalam pemuatan halaman. Jadi buanglah widget-widget yang tidak berguna. Jangan terlalu banyak memasang widget. Gunakan seperlunya dan sudah mewakili semua konten dalam blog.

4. Pemasangan Iklan Yang Tepat
Meskipun sudah ada kebijakan baru dari adsense dimana pemasangan iklan sudah tidak terbatas lagi seperti sebelumnya. Namun, dalam penempatan iklan tetap perlu memperhatikan nilai kewajarannya. Penempatan iklan yang baik adalah (survei dari beberapa blog) pada setiap halaman/ postingan maksimal 6 iklan, dimana pada postingan 3 buah, dibagian sidebar 1 buah dan dibawah header 1.

5. Perbaiki Kode Java Script/ CSS blog anda
Untuk memperbaiki kode script atau css ada beberapa tool yang disediakan. Dimana akan ditampilkan kode kode mana saja yang perlu diperbaiki dalam template anda. Baik dalam bentuk peringatan dan lain sebagainya. Silahkan ikuti langkah-langkah perbaikan sebagaimana ditampilkan dalam tool tersebut.

Copyright © 2013. Cara Terbaik dan Terjitu - Proudly powered by Blogger