Cara Terbaik Menagih Kredit Bermasalah

Kredit bermasalah merupakan momok yang menakutkan bagi perbankan. Namun yang paling merasakan dampaknya adalah tim penagihan, Collector. Sifat debitur yang sering menghindar, tidak mengangkat telepon ketika dihubungi, bahkan ada juga debitur yang pulang setelah jam 10-an ke atas untuk menghindari pada kolektor. Selain dari karakter debitur yang memang seperti itu, ada kalanya juga dipengaruhi oleh cara penagihan yang dilakukan oleh penagih itu sendiri. Dalam hal ini, berikut tips dan trik dalam melakukan penagihan:

1. Datangi Debitur Dengan Senyum

Ada baiknya setiap mengunjuni debitur, selalu berikan senyuman. Jika perlu berikan senyum yang paling indah dari senyuman kamu. Hal ini akan memberikan kesan positif bagi si debitur sehingga mau menerima kedatangan kita sebagai kolektor dengan baik. Ingat, bahwa senyuman dapat meluluhkan hati seseorang bagaimanapun kerasnya dia.

2. Berkatalah Dengan Sopan namun Tegas Kepada Debitur

Ketika bertemu dengan debitur, sapalah dengan sopan seperti memberi salam. Apapun tanggapan dari si debitur, tetap jaga nada pembicaraan yang baik kepada debitur. Ada kalanya si debitur menjelek-jelekkan bpr kita, namun tanggapi dengan positif dan berikan penjelasan yang dapat diterima oleh mereka.

3. Selipkan "Joke" diantara Percakapan Dengan Debitur

Kadang debitur akan merasa tertekan ketika berbicara dengan kita. Nah, untuk itu agar pembicaran tidak terkesan monoton dan untuk mencairkan suasana, maka buat canda tawa diantara percakapan tersebut. Apalagi ketika melihat ekspresi si debitur yang mulai tidak nyaman dengan pembicaraan kita.

4. Sampaikan Maksud Kedatangan dengan Hati-Hati

Sampaikan maksud kedatangan Anda kepada si debitur dengan hati-hati. Dan dengarkan setiap keluhan dan permasalahan dari debitur. Ketika si debitur menyampaikan unek-uneknya, usahakan jangan memotongnya. Carilah ruang ketika dia mulai berhenti bicara, dan masuk segera untuk menyampaikan tujuan Anda.

5. Datangi si Debitur dengan berulang-ulang

Ketika mendatangi debitur, usahakan tetap menerapkan trik 1 sampai 4. Lambat laun si debitur akan memahami karakter anda dan akan menerima anda dengan baik ketika datang ke rumahnya untuk menagih. Setiap kunjungan yang anda lakukan dengan teratur, akan membuat anda dan si debitur menjadi lebih dekat, sehingga akan sangat berguna dalam penagihan nantinya.

Demikian tips dan trik ini, secara pribadi trik ini sudah saya terapkan sendiri. Dan itu berhasil, meskipun proses penyelesaiannya agak sedikit membutuhkan waktu yang lama namun setidaknya kredit bermasalah tersebut dapat berkurang dan pembayarannyapun ada setiap bulannya.

Copyright © 2013. Cara Terbaik dan Terjitu - Proudly powered by Blogger