Tips Sebelum Meminjam Kredit di Bank

Tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan masyarakat semakin meningkat. Sejalan dengan ini, pihak bank melakukan penyediaan dana dalam bentuk penyaluran kredit baik untuk tujuan konsumtif maupun produktif. Adanya bank sangat membantu bagi mereka. Bahkan kencerungan permintaan akan kredit setiap tahunnya meningkat. Beragam produk dan inovasi dikeluarkan oleh bank untuk menampung permintaan akan dana tersebut.
Sebagai calon debitur, sebaiknya perlu bijak dalam memilih atau menggunakan layanan atau produk tersebut. Berikut tips dan trik yang perlu diketahui sebelum meminjam kredit di Bank. Ingat! Bijaklah dalam menggunakan dana.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sebaiknya sesuaikan permohonan kredit anda dengan besarnya kebutuhan yang ada. Jangan sekali-kali meminjam dana dalam jumlah yang besar tanpa memperhitungkan besarnya kebutuhan anda. Hal ini, akan menjadi masalah bagi anda ke depannya. Misanya jika anda bermaksud untuk menambah modal usaha. Sebaiknya buatlah perhitungan sendiri berapa besar dana yang dibutuhkan untuk hal tersebut dan  perhitungkan juga besarnya keuntungan yang akan diperoleh kedepannya.

2. Sesuaikan dengan Kemampuan

Beberapa orang sering mengajukan permohonan kredit dalam jumlah besar tanpa melihat kemampuannya untuk membayar. Misalnya si A mengajukan permohonan kredit ke bank sebesar 20.000.000 selama jangka waktu 12 bulan. Dari perhitungan bank diperoleh angsurannya perbulan sebesar Rp. 2.500.000,-. Si A sendiri memiliki penghasilan sebesar Rp. 2.750.000,-. Secara kasat mata, Si A mampu untuk memenuhi kewajiban per bulan tersebut, namun bagaimana dengan biaya hidupnya? Tentunya ini akan membebani si calon debitur dan bukannya tetapi buntung. Jadi yang perlu diperhatikan adalah dari gaji anda kurangi dengan kebutuhan hidup  dan dari penghasilan bersih anda maka kalilah dengan 50% dan ambillah dasar itu sebagai kemampuan anda dalam membayar nantinya.

3. Sesuaikan dengan peruntukannya

Ambillah kredit sesuai dengan tujuannya misalnya untuk tambahan modal usaha maka ambillah kredit modal kerja demikian pula untuk pembeliah hp, biaya pendidikan maka ambillah kredit konsumtif. Pengambilan kredit yang tepat sasaran akan membantu anda dalam manajemen keuangan anda. 

Demikian tips ini, semoga dapat bermanfaat

Copyright © 2013. Cara Terbaik dan Terjitu - Proudly powered by Blogger